STRUKTUR KURIKULUM
A. Distribusi/Klauster/Struktur
Kurikulum
SMT
|
KODE
MK
|
NAMA MATA KULIAH
|
BOBOT
SKS
|
SKS MK
DALAM
KURIKULUM
|
BOBOT
TUGAS
|
KELENGKAPAN
|
UNIT/ JUR/
FAK PENYELENGGARA
|
|||
Inti
|
Insatitu
sional
|
Desk
ripsi
|
Sila
bus
|
SAP
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
I
|
MPK
001
|
Bahasa
Indonesia I
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MPK 002
|
Bahasa
Arab I
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
003
|
Bahasa
Inggris I
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
004
|
Ilmu
Budaya Dasar
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
005
|
Ilmu
Sosial Dasar
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
006
|
Ilmu
Alamiah Dasar
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB
007
|
Pembel.Baca
Tulis Al-Qur’an
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
008
|
Methodologi
Studi Islam
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MBB
009
|
Kemuhammadiyahan I
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
010
|
Pendidikan
Pancasila
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
011
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
23
|
16
|
7
|
|||||||
II
|
MPK 012
|
Bahasa
Indonesia II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MPK 013
|
Bahasa
Arab II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK 014
|
Bahasa
Inggris II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
LAB BAHASA
|
|
MBB 015
|
Sistem
Penyel. TKA / TPA
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB 016
|
Ibadah
Praktis / Tadarus
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB 017
|
Ilmu
Tasawuf
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB 018
|
Ulumul
Hadist
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB 019
|
Ulumul
Qur’an
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB 020
|
Ushul
Fiqhi
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MBB 021
|
Kemuhammadiyahan II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MBB 022
|
Aplikasi
Komputer
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
LAB COMP.
|
|
Jumlah
|
23
|
0
|
23
|
|||||||
III
|
MPK
023
|
Bahasa Arab III
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MPK
024
|
Bahasa
Inggris III
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPK
025
|
Dasar-Dasar
Pendidikan
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
026
|
Ilmu Kallam
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
027
|
Pembelajaran
Aqidah-Akhlaq
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
028
|
Pembelajaran
Fiqhi
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
029
|
Pembelajaran
Hadist
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
030
|
Pembelajaran
Tafsir
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK
031
|
Materi PAI I
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
23
|
3
|
20
|
|||||||
IV
|
MPK 032
|
Bahasa Arab IV
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MPK 033
|
Bahasa
Inggris IV
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
LAB BAHASA
|
|
MPK 034
|
Filsafat Umum
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 035
|
Administrasi
Pendidikan
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 036
|
Psikologi
Pendidikan
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB 037
|
Metode
Penelitian Pend. I
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 038
|
Strategi Belajar
Mengajar
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB 039
|
Pembel. Sej.
Peradaban Islam
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 040
|
Materi PAI II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
20
|
7
|
13
|
SMT
|
KODE
MK
|
NAMA MATA KULIAH
|
BOBOT
SKS
|
SKS MK
DALAM
KURIKULUM
|
BOBOT
TUGAS
|
KELENGKAPAN
|
UNIT/ JUR/
FAK PENYELENGGARA
|
|||
Inti
|
Insatitu
sional
|
Desk
ripsi
|
Sila
bus
|
SAP
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
V
|
MKK 041
|
Bimbingan Dan
Conseling
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MKK 042
|
Ilmu Pendidikan
Islam
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 043
|
Filsafat
Pendidikan
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB 044
|
Teori Dan
Praktek Dakwah I
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 045
|
Psikologi
Belajar
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB 046
|
Metode
Penelitian Pend. II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 047
|
Perenc. Sistem
Pengajaran PAI
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK 048
|
Pengembangan
Kurikulum PAI
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
19
|
15
|
4
|
|||||||
VI
|
MKK
049
|
Manajemen
Pengajaran
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MKK
050
|
Media
Pembelajaran
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB
051
|
Statistik
Pendidikan
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK
052
|
Filsafat
Pendidikan Islam
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MPB
053
|
Teori
Dan Praktek Dakwah II
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK
054
|
Methodik
Khusus PAI
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK
055
|
Sej.
Pend. Islam Di Indonesia
|
2
|
-
|
2
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
056
|
Micro
Teaching / PPL I
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
20
|
10
|
10
|
|||||||
VII
|
MKB
057
|
PPL II
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
MKK
058
|
Ilmu
Perbandingan Pend.
|
3
|
3
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKK
059
|
Kapita
Selekta Pend. Islam
|
2
|
2
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
MKB
060
|
Mata
Kuliah Pilihan ** ………
|
3
|
-
|
3
|
√
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
11
|
8
|
3
|
|||||||
VIII
|
MBB
061
|
Kuliah
Kerja Nyata (KKN )
|
4
|
-
|
4
|
-
|
√
|
√
|
√
|
UML
|
MBB
062
|
S
k r i p s i
|
6
|
-
|
6
|
-
|
√
|
√
|
√
|
FAI UML
|
|
Jumlah
|
10
|
0
|
10
|
|||||||
TOTAL SKS KESELURUAN
|
149
|
59
|
90
|
Pada prinsipnya kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Luwuk, merupakan kombinasi Sistem Kredit Semester Mata Kuliah
dalam Kurikulum Nasional (Inti) dan kurikulum Institusional (Lokal) yang
disesuaikan dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor. 383
Tahun 2003, tentang Penyelenggaraan Kurikulum Nasional Program Sarjan (S.1) dimana muatannya
tertuang pada Topik Inti Kurikulum Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam,
dengan kurikulum berjumlah 149 SKS, yang terdiri dari Kurikulum Nasional (Inti) 59 SKS (39 %) dan
Kurikulum Institusional (Lokal) 90 SKS (60 %).
B. Mata
Kuliah Inti/Keahlian
SMT
|
KODE
MK
|
NAMA MATA KULIAH PILIHAN **
|
BOBOT
SKS
|
BOBOT
TUGAS
|
UNIT/JUR/FAK/
PENGELOLAH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
VII
|
MKB 063
|
Pembelajaran
Aqidah-Akhlaq II
|
3
|
25%
|
PRODI PAI
|
MKB 064
|
Pembelajaran
Fiqhi II
|
3
|
25%
|
PRODI PAI
|
|
MKB 065
|
Pembelajaran
Hadist II
|
3
|
25%
|
PRODI PAI
|
|
MKB 066
|
Pembelajaran
Tafsir II
|
3
|
25%
|
PRODI PAI
|
|
MKB 067
|
Pembelajaran
Sej. Peradaban Islam II
|
3
|
25%
|
PRODI PAI
|
|
Total SKS Mata Kuliah Pilihan
|
15
|
C. Mata
Kuliah Berbobot Praktek
NO.
|
NAMA PRAKTIKUM/PRAKTEK
|
ISI PRAKTIKUM/PRAKTEK
|
TEMPAT/LOKASI PRAKTIKUM/
PRAKTEK
|
|
JUDUL/MODUL
|
JAM PELAKSANAAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Teori &
Praktik Da’wah II
|
Implementasi Praktek
Da’wah Di Masyarakat
|
2 jam x 8 pertemuan
|
Masjid &
Majlis Ta’lim Yang Ada kabupaten Banggai
|
2
|
Praktik Sistem
Penyel. TKA/TPA
|
Mengajar
Membacat Al-Qur’an Kepada Santri Tpa/Tka Yang Ada Di Kabupaten Banggai
|
2 Jam X 8 Pertemuan
|
Taman Pendidikan
Al-Qur’an Dan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an Yang Ada di Kabupaten Banggai
|
3
|
Praktik Bahasa
Inggris II
|
Listening Comprehention
|
2 Jam X 8 Pertemuan
|
Laboratorium
Bahasa
|
4
|
Praktik Aplikasi
Komputer
|
Microsoft Office Word, Microsoft Office Exel, Dan Microsoft
Office PowerPoint
|
2 Jam X 8 Pertemuan
|
Laboratorium
Komputer
|
5
|
Praktik Bahasa
Inggris IV
|
Speaking Comprehention
|
2 Jam X 8 Pertemuan
|
Laboratorium
Bahasa
|
6
|
Micro Teaching/PPL I
|
Stategi
Pembelajaran Micro Teaching
|
2 jam X 8 pertemuan
|
Ruang Kelas
|
7
|
PPL II
|
Pedoman PPL
|
2 bulan
|
Sekolah/Madrasah
|
8
|
Kuliah Kerja
Nyata (KKN)
|
Pedoman KKN
|
2 bulan
|
Masyarakat Di Kecamatan/Desa/
Kelurahan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar